Cara Memilih Hosting Yang Terbaik

Cara memilih hosting yang terbaik untuk para pemula yang belum pernah menyewa hosting sebelumnya memang haruslah sedikit teliti. Sebab jika salah memilih paket hosting yang ingin disewa untuk keperluan membuat blog/situs bisnis akan berdampak sangat tidak menguntungkan. Semakin berkembangnya dunia bisnis online di Indonesia, maka membuat para pemilik pemodal mulai tertarik untuk menekuni persewaan hosting sebagai agen atau jasa layanan hosting provider. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa persyaratan terbaik yang harus Anda ketahui bila ingin menyewa jasa hosting murah di Indonesia.

Beberapa Cara Memilih Hosting Yang Terbaik – Sebuah Panduan Praktis

cara memilih hosting yang terbaik

  • Survey Awal. Ketika hendak menyewa sebuah paket hosting murah di sebuah hosting provider maka sebaiknya diketahui dulu seberapa besar kapasitas penyimpanan data yang ingin disewa. Untuk para pemula yang belum atau sedikit tahu tentang soal sewa meyewa hosting maka sebaiknya mencari informasi lebih banyak, mengumpulkan informasi adalah langkah awal yang terbaik untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan sebuah host provider.
  • Tujuan Menyewa. Untuk pemula sebaiknya juga mengetahui lebih dulu untuk apa keperluan apa dia menyewa webhost. Untuk sebuah blog, situs komersial (toko online) atau apa? Jika sudah mengetahuinya maka kita akan lebih leluasa memilih paket-paket yang biasanya disediakan oleh perusahaan hosting provider. Setiap paket umumnya berbeda dari segi harganya. Semakin besar kapasitas penyimpanan data, bandwidth, dan lain-lain maka makin mahal pula biaya untuk menyewanya. Disarankan untuk pemula memilih paket termurah terlebih dulu, yaitu biasanya berkapasitas 50MB dan bandwidth yang terbatas untuk sekedar mencoba layanan hosting bersangkutan dan sekaligus belajar memulai membangun sebuah blog/situs.
  • Mencari Sendiri Host Terbaik. Anda dapat mengumpulkan informasi tentang hosting provider terbaik melalui internet. Bila mencari sendiri maka yakinkan untuk melihat satu per satu layanan provider dengan teliti. Mulai dari harga, status uptime, layanan pelanggan dan tingkat kepuasan para pelanggannya. Jangan terburu-buru dalam memilih hosting yang tepat karena bila ingin mencari yang terbaik maka perlu waktu minimal 2-3 hari sebelum memutuskan menyewanya.
  • Bila tak cukup punya banyak waktu dan ingin segera mendapatkan jasa hosting terbaik maka silahkan tanyakan kepada teman/orang lain yang sudah berpengalaman dalam menyewa hosting. Ini dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs/forum online yang membahas khusus tentang bermacam host provider yang ada di internet. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan akan menjadi lebih baik karena berguna untuk membuat sebuah keputusan yang tepat dalam memilih hosting.
  • Pentingnya Layanan Pelanggan. Memilih sebuah hosting jangan hanya berdasarkan dari sisi harganya saja. Hindari menyewa hosting yang dibandrol dengan harga cukup murah tanpa melihat segi lainnya yang mempengaruhinya seperti uptime status, kepuasan pelanggan dan lainnya. Walau mungkin harga yang murah belum tentu kualitasnya jelek dan harga yang mahal pastilah baik pelayanannya. Memilih jasa hosting murah sebaiknya didasarkan kepada kecepatan tanggapan atas masalah yang dihadapi oleh para pelanggan. Seperti website Anda tiba-tiba tak dapat diakses secara oline oleh karena suatu sebab yang Anda tak ketahui maka dengan menghubungi layanan pelanggan, Anda akan mendapatkan penjelasan untuk mengatasi masalah tersebut.
Sebenarnya masih banyak yang harus diperhatikan saat ingin menyewa sebuah hosting termurah sesuai anggaran Anda. Namun inti yang perlu diperhatikan adalah kumpulkan informasi sebanyak mungkin melalui internet, teman atau dilakukan sendiri untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari. Semoga tulisan tentang cara memilih hosting yang terbaik untuk pemula ini dapat bermanfaat.