Pengertian Hosting Secara Umum

Pengertian hosting atau webhosting ialah suatu bentuk jasa penyewaan ruang (space) di internet dimana seseorang dapat memakai/menyewa jasa persewaan tersebut untuk keperluan mengonlinekan sebuah website atau situs. Umumnya ruangan yang disewakan adalah untuk penyimpanan data sebuah situs atau blog yang terkoneksi dengan internet sehingga semua orang dapat mengakses sebuah situs atau webhost secara bersamaan. Singkatnya jasa hosting adalah induk semang untuk suatu website, sebuah website tak mungkin dapat diakses/online tanpa adanya jasa webhosting. Dan di bawah ini akan diulas secara singkat tentang 2 kategori besar sebuah layanan web hosting yaitu layanan hosting berbayar dan hosting gratisan.

Pengertian Hosting Berbayar Dan Yang Gratisan

pengertian hosting secara umum
Secara umum web hosting terbagi 2 bagian besar yaitu hosting yang berbayar dimana bila Anda ingin menyimpan data di sana maka harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa. Biasanya hosting berbayar memiliki bermacam penawaran sewa hosting mulai dari space yang kecil, menengah sampai dengan unlimited atau tak terbatas. Sama seperti bisnis sewa menyewa lainnya, maka ada jangka waktu tertentu yang bisa dipilih misalnya 3 bulan, 6 bulan atau setahun dan seterusnya. Bila seorang penyewa merasa puas dengan layanan web host provider yang bersangkutan maka dia akan memakai jasa provider tersebut. Untuk Anda yang mungkin masih pemula, maka sebaiknya teliti sebelum melakukan sewa hosting murah sebab harga murah belum tentu memiliki layanan yang terbaik.

Sedangkan pengertian hosting gratisan adalah kebalikan dari hosting yang berbayar. Setiap penggunanya tidak dikenakan biaya sewa selama memakai jasa layanan sebuah web hosting. Jenis layanan hosting gratis ini memiliki kelebihan misalnya kita tak usah mengeluarkan sepeser uang untuk memakai jasa mereka. Siapkan saja sebuah domain dan arahkan domain tersebut ke hosting gratisan maka website sudah dapat diakses secara simultan. Kelemahan dari hosting jenis adalah kita tak tahu sampai kapan layanan gratisnya bisa tetap online, bisa saja secara mendadak langsung dihapus free service host-nya padahal kita sudah berbulan atau bertahun-tahun membangun sebuah website, jika ini terjadi maka kerugian besar dan penyesalan yang hanya tersisa.

Jadi mana yang ingin dipilih? Hosting berbayar atau cukup yang gratisan? Semuanya kembali kepada setiap orang apakah ingin memilih jasa hosting murah yang berbayar atau cukup memanfaatkan layanan web hosting gratis yang banyak tersedia. Baik yang berbayar maupun gratis semuanya ada nilai kelebihan dan kekurangannya, silahkan Anda mencermati kebutuhannya dan memutuskan yang terbaik untuk kepentingan atau kebaikan diri sendiri. Semoga ulasan tentang pengertian hosting secara umum ini dapat memberi manfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih.