Cara Memilih Paket Hosting Yang Terbaik

Cara Memilih Paket Hosting Yang Terbaik. Untuk seorang pemula yang baru ingin mempunyai sebuah website untuk kebutuhan nge-blog atau mencoba berbisnis online maka akan diperhadapkan kepada masalah pemilihan hosting. Umumnya memang para penyedia jasa hosting menawarkan paket-paket yang biasanya hal tersebut berhubungan dengan kapasitas penyimpanan data dan kuantitas bandwidth, semakin besar fitur dari kedua elemen hosting tersebut maka berpengaruh terhadap harga sewa hostingnya. Berikut ini adalah tips memilih hosting untuk pemula sehingga dapat menentukan paket yang terbaik untuk kebutuhannya.

Cara Memilih Paket Hosting Yang Terbaik Berdasarkan Kebutuhan

Sebelum memutuskan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan terlebih dulu jenis website apa yang ingin dibuat atau dibangun. Ada beberapa jenis website secara umum yaitu website kecil, website menengah dan website besar dimana ketiganya memiliki perbedaan mendasar pada kedua elemen fitur hosting yang telah disebutkan di atas yaitu menyangkut kapasitas penyimpanan datanya dan jumlah kapasitas bandwidth.

Sebuah situs atau website profil pribadi, lembaga atau perusahaan yang bersifat jarang diupdate maka paket hosting dengan kapasitas 100MB sudah dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Jumlah kapasitas paket sebesar itu sudah dapat membangun situs dengan mesin wordpress atau joomla dengan tambahan beberapa konten untuk kebutuhan website tersebut.

Jika Anda ingin membangun sebuah toko online maka biasanya memerlukan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar daripada website jenis pertama di atas. Dengan kapasitas 200MB, maka sebuah website toko online sudah dapat dipakai untuk berjualan di internet. Namun, bila Anda kesulitan membuat website toko online sendiri maka bisa memesan paket pembuatan website termasuk dengan penyewaan hostingnya. Jadi istilahnya 2 in 1, membuat website instan dan sekaligus menyewa hostingnya.

Bila ingin membuat sebuah blog pribadi yang ingin diupdate secara rutin setiap hari maka biasanya para blogger lebih menyukai instalasi wordpress karena sangat mudah penggunaannya. Untuk jenis website seperti ini, maka dibutuhkan kapasitas penyimpanan data di hosting kurang lebih sebesar 300MB. Oleh karena situs seperti ini sifatnya akan terus diupdate maka kemungkinan untuk menambah jumlah kapasitas penyimpanan data di masa akan datang sangat besar. Penambahan penyimpanan data dapat dilakukan dengan menghubungi pihak provider.

Demikian beberapa tips tentang cara memilih paket hosting untuk pemula, silahkan juga membaca artikel mengenai hosting server Indonesia.