Perbedaan Hosting Indonesia Versus Host Luar Negeri

Perbedaan Hosting Indonesia Versus Host Luar Negeri
Perbedaan hosting Indonesia versus host luar negeri – Tentu sebagai seorang pemula, banyak orang masih belum mengetahui tentang perbedaan lokasi server hosting, dimana ada 2 bagian besar mengenai lokasi atau letak penyimpanan data yaitu berlokasi di Indonesia dan luar negeri. Seperti diketahui bahwa webhosting merupakan tempat penyimpanan data suatu website atau situs yang memungkinkan untuk sebuah blog atau situs dapat dilihat orang di seluruh dunia. Dalam kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi seputar lokasi server hosting baik yang berada di Indonesia maupun dengan lokasi di luar negeri.

Perbedaan Hosting Indonesia Dan Webhost Luar Negeri Secara Umum

Antara hosting Indonesia dan luar negeri secara umum memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yaitu bila data situs disimpan di server host Indonesia maka situs tersebut akan mudah atau lebih cepat diakses (dibuka) oleh para pemakai internet di tanah air dibandingkan dengan bila situs itu berlokasi server di USA atau luar negeri. Demikian pula sebaliknya, bila data situs disimpan di hosting luar negeri seperti USA, Kanada, Inggris atau Jerman dan lain-lain maka situs tersebut amat stabil di negara-negara tersebut artinya lebih cepat diaksesnya bila dibandingkan dengan lokasi Indonesia. Jadi sekarang terserah kepada para pebisnis online itu sendiri, pasar yang ingin ditarget (sasaran) apakah pasar lokal Indonesia atau luar negeri, bila pasarnya Indonesia maka sebaiknya memilih jasa sewa hosting murah Indonesia yang terbaik.

Keuntungan sewa hosting murah Indonesia antara lain adalah cara pembayaran yang mudah dengan memakai jasa bank dalam negeri, dukungan layanan pelanggan yang bisa dihubungi memakai bahasa Indonesia. Ini sangat berbeda bila menyewa hosting dengan lokasi server di luar negeri seperti misalnya USA. Hosting yang berlokasi di luar Indonesia biasanya memakai uang dolar untuk pembayarannya dan melalui pihak ketiga seperti PayPal atau kartu kredit dimana keduanya adalah hal yang tak semua pemula memilikinya. Dan bila ada masalah dengan situs yang bersangkutan maka untuk menghubungi layanan pelanggan haruslah memakai bahasa Inggris sebagai pengantarnya dimana hal itu juga sebuah kesulitan tersendiri untuk yang tak menguasai bahasa tersebut.

Jadi, tak masalah kita memilih lokasi server hosting di Indonesia atau luar negeri, semuanya tergantung kepada pasar (sasaran) yang ingin digarap. Jangan memiliki anggapan bahwa hosting Indonesia berkualitas jelek dibandingkan hosting luar negeri, justru memiliki hosting di Indonesia sangat disarankan untuk Anda yang memiliki pasar bisnis di tanah air karena kecepatan akses situs lebih cepat daripada menyimpan data di server hosting USA. Semoga tulisan mengenai perbedaan hosting Indonesia versus luar negeri ini dapat memberi manfaat untuk pembaca sekalian.