Tips Memilih Paket Host Untuk Pemula

Tips memilih paket hosting yang terbaik ini khusus ditujukan kepada para pemula yang ingin membangun sebuah blog atau website untuk kepentingan komersial dan non komersial. Anda yang telah sampai di blog ini tentu sudah mengetahui secara sepintas tentang arti hosting dan saat ini ingin mengetahui bagaimana cara terbaik memilih sebuah paket hosting yang paling cocok untuk kebutuhanmu. Memilih sebuah hosting memang bukanlah pekerjaan yang mudah untuk sebagian para pemula oleh sebab satu dan lain hal sehingga perlu kesabaran dalam meneliti satu persatu penyedia layanan web hosting yang terbaik sehingga mendapatkan rasa lega atas layanannya. Sekarang kami ingin memberikan beberapa cara paling mudah untuk memilih sebuah web hosting Indonesia yang terbaik sehingga memantapkan langkah pembaca memutuskan menyewa sebuah hosting provider.

Panduan dan Tips Memilih Paket Hosting Paling Baik

Oleh karena begitu krusialnya sebuah layanan web hosting maka agar tidak kecewa atas pelayanan host provider tertentu maka sebaiknya saudara, paling tidak, mengetahui beberapa tips memilih host yang terbaik dari segi kualitas up-time server sampai rincian harga yang ditetapkan, seperti berikut ini.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan. Oleh karena masih pemula dan masih dalam tahap belajar maka sebaiknya para pemula tidak terlalu memboroskan uang dengan menyewa hosting dengan kapasitas penyimpanan data yang besar. Perlu diketahui bahwa semakin besar kapasitas data sebuah hosting maka itu akan mempengaruhi jumlah uang yang dikeluarkan, pendeknya makin besar maka harganya pun akan bertambah mahal. Direkomendasikan untuk para pemula memakai paket hosting dengan kisaran penyimpanan data sebesar antara 100 – 200 Mb, ini sudah cukup untuk membangun sebuah blog pribadi atau toko online kecil yang sudah bisa dipakai untuk mencari uang secara online.

Lokasi Server Web Hosting. Ini masih berhubungan dengan elemen di atas dan penjelasannya adalah bila website yang dibangun khusus diperuntukkan pengunjung dari lokal atau Indonesia maka sebaiknya pilihlah server hosting yang berada di Indonesia. Dan sebaliknya juga demikian, bila seorang pemula yang sudah meningkat kemampuannya dalam hal membangun sebuah website bisnis onlinenya dan ingin membidik pasar luar negeri maka memilih server di luar negeri seperti berlokasi di Amerika atau Eropa adalah sebuah rekomendasi. Untuk lebih jelasnya perihal arti penting lokasi server ini, silahkan membaca artikel tentang perbedaan server hosting luar negeri vs server Indonesia.

Menilai Kualitas Sebuah Layanan Web Hosting. Meski belum pernah mencoba kualitas layanan sebuah host provider tertentu  namun kita dapat menilainya dengan cara melihat komentar-komentar yang berasal dari pelanggan lama (bila ada) atau bisa pula dengan cara mencari informasi tentang sebuah hostingan dari forum-forum online. Dari situ akan didapatkan banyak sekali informasi yang amat berharga untuk menentukan hosting mana yang terbaik untuk Anda. Saya biasanya melakukan hal tersebut yaitu berkunjung ke forum-forum hosting yang khusus membahas kualitas sebuah host provider dan memang banyak sekali manfaatnya, jadi silahkan dicoba sendiri.

Harga Murah Bukan Berarti Kualitasnya Tidak Bagus. Mengapa bisa demikian? Jawabnya sangat mudah yaitu persaingan di bidang penyedia layanan hosting sangatlah ketat, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Jadi para host provider tersebut berlomba mendapatkan pelanggan dengan cara penawaran harga sewa hosting termurah. Berbagai promosi terbaik ditujukan untuk menjaring pelanggan baru seperti promosi harga murah, kapasitas hard disk besar, fitur yang lengkap adalah beberapa penawaran yang disediakan dalam beberapa format paket hosting.

Layanan Pelanggan. Perhatikan juga layanan pelanggan yang akan memberi solusi buat pemula saat menemui sebuah masalah dengan hosting seperti website tak dapat diakses, lupa password, cara menginstal mesin website seperti install wordpress atau joomla dan sebagainya. Jangan sampai menyewa hosting yang minim dukungan layanan pelanggannya karena itu akan membuat masalah tersendiri jika Anda mengalami kesulitan dengan website Anda. Lebih baik memilih hostingan dengan harga lebih mahal sedikit namun layanan pelanggannya berkualitas daripada hosting harga murah namun sangat minim layanan pelanggannya.

Semoga tips memilih paket hosting ini berguna untuk pembaca dan jangan lupa untuk membaca juga tulisan tentang sewa hosting gratis domain.